WALMART BEKERJASAMA DENGAN IBM UNTUK MEMBUAT BLOCKCHAIN YANG DAPAT MELACAK MAKANAN SECARA GLOBAL

Walmart dan sembilan perusahaan lain telah bekerjasama dengan IBM untuk merilis blockchain untuk yang dapat melacak makanan secara global melalui rantai pasokannya.

Blockchain Food Trust, yang mencakup Nestlé SA, Dole Food Co., Inc Driscoll, Golden State Foods, Kroger Co, McCormick and Co., McLane Co., Tyson Foods Inc. dan Unilever NV, telah berkolaborasi dengan IBM sejak 2016, dan mulai melakukan uji coba pada bulan Agustus tahun lalu.

Wall Street Journal (WSJ) menyatakan bahwa tujuan Food Trust adalah untuk meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mengidentifikasi masalah yang terlibat dengan penarikan makanan, seperti melacak ekspired suatu makanan, sehingga bisa membatasi risiko pelanggan yang membeli produk ekspired.

Wakil presiden bidang keamanan makanan Walmart, Frank Yiannas, menyebut rantai blok Food Trust “setara dengan pelacakan FedEx untuk makanan, Anda menangkap data real-time di setiap titik, pada setiap produk makanan.”

Meskipun merek yang terlibat dapat menjadi pesaing dalam beberapa kasus, Chris Tyas, kepala rantai pasokan global di Nestlé mengatakan bahwa terlepas dari hal itu, mereka “bekerja sama untuk memastikan kepercayaan konsumen.”

Menurut IBM, sistem Food Trust dapat menyimpan data sekitar 1 juta item, khususnya mencatat produk kalengan Nestlé, stroberi Driscoll, dan paha ayam Tyson.

WSJ menulis bahwa blockchain masih belum siap untuk membantu melacak selada romaine yang terkontaminasi E.coli di AS yang telah menginfeksi lebih dari 197 orang di lima negara bagian. Yiannas mencatat bahwa butuh bertahun-tahun bagi industri makanan untuk sepenuhnya mengadopsi blockchain, di masa depan “wabah penyakit tidak harus sebesar ini dan selama ini.”

Pada bulan April, Walmart mengumumkan bahwa mereka siap untuk menggunakan blockchain dalam bisnis makanan langsungnya. Baru-baru ini, Walmart telah diberikan hak paten untuk penggunaan rantai blockchain, dan perusahaan itu juga telah mengajukan hak paten untuk pasar pelanggan berbasis blockchain untuk menjual kembali barang-barang Walmart.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s