Cerita

Apa perbedaan antara Bitcoin Cash dan Bitcoin Gold?

 

Memahami Bitcoin untuk pertama kalinya mungkin cukup sulit, tetapi menambahkan konsep Bitcoin Cash dan Bitcoin Gold dapat terlihat membingungkan juga. Sebenarnya, mereka tidak sulit untuk dimengerti, karena artikel ini akan menjelaskan.

Singkatnya, Cash and Gold hanyalah versi berbeda dari Bitcoin (BTC), yang dikenal sebagai ‘forks’. Jika Anda membayangkan blockchain sebagai jalan lurus, maka garpu cryptocurrency sama seperti garpu di jalan itu: jalan terbelah menjadi dua arah dari titik itu.

Ada dua jenis garpu. Sebuah ‘hard fork’ adalah split dalam blockchain yang sepenuhnya memisahkan dua jaringan. Node pada jaringan lama tidak berinteraksi dengan yang baru, dan sebaliknya. Dalam ‘soft fork’, jaringan baru masih mengakui transaksi pada yang lama – itu ‘mundur kompatibel’, dalam jargon. Jaringan lama, bagaimanapun, tidak akan mengenali transaksi pada yang baru. Dalam situasi ini, jaringan lama tidak mungkin memiliki banyak masa depan, karena jaringan baru dapat melakukan semua yang dilakukannya dan banyak lagi.

Ada berbagai alasan mengapa blockchain mengimplementasikan garpu. Kadang-kadang itu merupakan perpecahan dalam komunitas, dengan dua kelompok masing-masing ingin mengambil blockchain ke arah yang berbeda. Di lain waktu, garpu adalah cara meningkatkan teknologi blockchain untuk menambahkan fitur baru atau menangani masalah teknis.

Bitcoin Cash (BCH)
Garpu keras yang mengarah ke Bitcoin Cash diimplementasikan pada bulan Agustus 2017. Tujuannya adalah untuk mempercepat transaksi dan menurunkan biaya transaksi. Ini telah menyebabkan versi mata uang yang lebih efisien untuk pembayaran – pengguna sering menerima konfirmasi pembayaran dalam beberapa menit, bukan hari.

Bitcoin Cash menggunakan algoritme ‘bukti kerja’ yang sama seperti Bitcoin dan penambangan dilakukan pada perangkat keras sirkuit terpadu (ASIC) khusus-aplikasi yang sama . Pada saat penulisan, BCH adalah cryptocurrency terbesar keempat berdasarkan kapitalisasi pasar, di belakang BTC, Ethereum dan Ripple.

Bitcoin Gold (BTG)
Garpu ini muncul pada bulan Oktober 2017 dan merupakan garpu yang sulit, kali ini dimaksudkan untuk mengembalikan kemampuan penambangan unit pemrosesan grafis (GPU – kadang-kadang dikenal sebagai ‘kartu grafis’), bukan ASIC. Mereka yang berada di belakang garpu beralasan bahwa ASICs menetapkan harga pengguna biasa dari penambangan dan menempatkan proses itu di tangan sejumlah kecil penambang yang didanai dengan baik.

Tidak seperti Bitcoin dan Bitcoin Cash, Gold menggunakan bukti algoritma kerja yang berbeda, yang dikenal sebagai ‘equihash’. Jika tidak, ia beroperasi dengan cara yang sama seperti teknologi inti Bitcoin. Pada saat penulisan, BTG menempati peringkat ke- 26 di antara mata uang kripto berdasarkan kapitalisasi pasar.

Hal utama untuk memahami tentang Bitcoin, Bitcoin Cash dan Bitcoin Gold adalah bahwa mereka adalah mata uang kripto yang sepenuhnya terpisah. Memiliki keseimbangan dalam satu tidak memberi Anda keseimbangan di salah satu dari yang lain. Apakah Anda berinvestasi – dan investasi mana yang Anda investasikan – sangat bergantung pada apa yang Anda rencanakan untuk menggunakan mata uang dan harapan Anda terhadap masa depan mata uang.